Deklarasi Kantin Kejujuran at SMKN 50

Assalamualaikum wr. wb. Kembali lagi nih bersama gue, sekarang gue mau nulis tentang sebuah event yang sebenernya menurut gue gak seberapa, tapi dengan perhelatan (duilah bahasanya) yang menurut gue luar biasa.

Oke, apasih yang spesial dari acara ini?
1. Pesta Gebyar Kewirahusaan.
Gue tulis poin diatas sesuai dengan tagline di sekolah gue ya. Menurut gue ini adalah event yang gak biasa, karena jarang-jarang nih SMK gue membuat suatu acara yang menggebrak. Seluruh anak-anak kelas XI membuat STAN-makanannya masing-masing. Makanannya juga enak-enak, tapi satu syaratnya, lo kudu mesti punya modal hehe. Jujur di hari ini kantong gue terkena penyakit kanker ganas. Tapi untungnya tadi gue dibayarin pop ice hihi 😀 thanks ya Fajar, moga makin banyak pelanggan trims lo.

Hari ini gue juga jadi koordinator tim jurnalistik sekolah gue. Dengan persiapan seadanya, yah dapet lah video-video dan foto-foto amatir. Dan juga tadi gue nge-tweet buanyak tentang kegiatannya. Makasih pa Dedi Dwitagama udah di retweet 🙂

Yah mungkin cukup sekian laporan gue tentang event hari ini. Semoga menghibur. Terima kasih 😉

Posted in Uncategorized | Tagged , , , , , , | Leave a comment

Pojok Santai : My Dreams

image

Assalamualaikum Wr. Wb.

Hi guys, what’s up? Hehe kembali bersama gue nih, bang kece. Kenapa gue tulis “dreams”? Udah pasti tau lah ya. Intinya ya gue punya banyak mimpi yang mau gue share ke kalian, my honorable readers (jika ada). Kenapa harus mimpi gue? Ya karena ini blog gue! Gak mungkin kan gue tulis mimpi kalian? Oke itu gak penting.

REASON

Tahukan artinya? Kalau gak tahu, gue juga gak tahu harus bilang apa. Mungkin lo epilepsi pas belajar bahasa inggris. Gue gak tau dan gak mau tahu. Titik.
Oke. Bisa dimulai? Sip kalau gitu. Gue cuma mau share alasan gue nulis mimpi-mimpi gue disini, di blog wordpress yang kucinta. Oke mula-mula gue akan bahas mimpi gue yang pertama.

1. Mau jadi Menteri Pendidikan

Hayoo, siapa yang mau jadi Menteri Pendidikan juga? Gak usah malu, itu mimpi besar bro! Lo bisa dengan bangga pamerin mimpi ini ke temen-temen lo. Asal jangan lo tato di pantat terus lo pamerin, itu namanya pelanggaran HAM. Tolong publikasi mimpi dengan cara yang wajar. Contohnya? Ya kayak gue ini, jadi blogger (kalo ini wordpresser), keren kan? Tenang aja lo juga bisa kok!
Sip kita udah melenceng jauh ke bogor, kembali ke tang top. Kenapa gue mau jadi menteri pendidikan? Alasannya simpel. Gue mau pendidikan Indonesia berubah man. Bahasa coolnya, Revolusi Pendidikan. Kalau gue jadi Menteri Pendidikan nanti, gue akan perketat seleksi profesi keguruan. Gak sembarang orang bisa jadi guru. Guru bakalan gue jadiin profesi guru bener-bener terhormat. Orang-orang ketika jadi guru bakalan bangga. Karena apa? Ya karena di tangan guru lah karakter dan masa depan bangsa terbentuk. Setuju? (gak setuju silahkan komentar dibawah). Lo seneng gak sih kalau lo belajar di kelas, diajarin sama guru yang asik banget, membuka mindset, punya selera humor, serius tapi bisa santai, friendly bisa bergaul sama murid gak cuma di dalem kelas tapi diluar kelas juga. Kalian pasti bakalan betah lama-lama disekolah, bakalan semangat belajar, gak depresi, kalian nikmatin waktu kalian di kelas dan sekolah, wah macem-macem deh.
Nah itu satu. Yang kedua itu gue pengen membuat kurikulum pelajaran jadi asik. Gak numpuk-numpuk. Gue bakalan menitik beratkan pada skill dasar daripada skill per-Bab. Jadi nanti murid-murid gak lagi tuh yang namanya hapal rumus doang. Sekedar belajar buat ujian doang. Hambar gak sih kehidupan akademik lo kalau lo terus melakukan hal yang sia-sia kayak gitu? Menurut gue belajar cuma pas ujian, sekedar hapal rumus, itu cuma solusi jangka pendek. Lo ga punya tabungan dan investasi ke depannya. Gue gak bilang kayak belajar Matematika, sejarah, biologi itu gak ada gunanya ya. Itu berguna banget buat bikin lo cerdas. Nih lo camkan baik-baik ya, asal caranya bener. Kalau cuma sekedar belajar buat ujian doang mah ya jangan harap. Dan gue juga masih belajar, gimana cara belajar yang bener dan yang bisa bikin cerdas beneran. Jadi kita sama-sama saling mengingatkan dan belajar bareng-bareng.
Terus, gue mau UN dihapus. Sudah bukan zamannya kecerdasan itu distandarisasi. Lagipula UN malah mengajarkan anak Indonesia cheating. Kecerdasan dan kemampuan seseorang itu bervariasi bentuk dan jenisnya. Ada yang pinter berhitung tapi kurang di bahasa, ada yang jago b.inggris tapi kurang jago di fisika, ada yang jago musik, macem-macem lah intinya.

Oke. Mungkin sampai sini dulu tulisan gue. Nanti bakal gue lanjutin lagi di lain kesempatan. Terima kasih bagi kalian yang sudah membaca. Dan terima kasih untuk Zenius.net yang udah banyak memberi gue inspirasi dan insights. Gue mohon maaf jika ada salah-salah kata. Tulisan ini gue tulis dalam bahasa santai biar kalian enak juga bacanya dan yang nulis juga gak terlalu beban, hehe! Dan artikel ini juga penuh dengan ketidaksempurnaan. Penulis berharap kritik dan saran kawan-kawan di kolom komentar.

Oke sampai jumpa lagi.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Posted in Uncategorized | 4 Comments

Lengser

image

Haloooo kawan. Gambar diatas adalah tim MPK sekolah gue. (Dari kiri : gue, wakil MPK, ketua MPK) Hari ini udah lengser hihihi. artikel kali ini penting ga penting sih. Menurut kawan mungkin ga penting, tapi menurut gue ini momen yang paling menyedihkan sekaligus membahagiakan. Nah lho bingung kan, plin-plan aja. Kenapa ga penting? Karena ini momen gue bukan momen kalian, so what gitu kan?
Pentingnya? Ya ini momen gue, menurut gue ini penting, makanya lo jgn so tau! Loh loh loh jadi nyolot gini…
Oke kembali ke tang top. Kenapa penting? Serius nih gue sekarang. Emang bener penting ko. Soalnya kalo ga ada momen lengser ya gue kapan fokus UN? Fokus snmptn? Sbmptn? Bidik misi? Dst.
Sesuai dengan firman Allah (pakai bahasa gue sendiri) bahwa sesuatu itu selalu diciptakan berpasang-pasangan. Maksudnya jika ada awal pasti ada akhir, ada pertemuan ada perpisahan, ada romeo ada juliet, ada the jak ada viking, dst.
Yah walaupun sedih karena susah senang dilewati bersama selama 1 tahun masa jabatan. Tapi mau dikata kenapa lagi? Sudah takdir. Toh sisi baiknya kita bisa fokus untuk kelulusan dan masuk PTN. Mantep tho?
Sekian dari gue. Jika ada kekurangaan mohon ditambahkan. Wassalam!

Posted in Uncategorized | Tagged , , , , , , , , , , | Leave a comment

Ultah di Indonesia

image

Hayoo gimana pendapat kalian?? Pemandangan yg sudah tak asing lagi bukan? Ini adalah budaya ultah di kalangan muda-mudi Indonesia. Biasanya sih orang ultah itu bahagia, dikasih doa-doa mustajab, dipeluk, dicium, dibelai, dst.
Tapi ironisnya di Indonesia malah terjadi aksi bikin adonan di kepala Ultahers. Belom lagi disiram kuah comberan plus dimasukin ke tong sampah. Lengkap sudah dan siap dinikmati.
Nah tugas kita sebagai generasi penerus bangsa, mulai dari hal kecil. Mulailah membahagiakan orang trkasih kalian jika mereka ultah. Mininal jika kanker, Berikan mereka doa yang tulus. Mereka juga udah seneng. Gak perlu buang-buang hal yang seharusnya bisa dimanfaatkan. Toh kalo kita ultah terus digituin sama temen kamu juga gamau kan?

Posted in Uncategorized | 2 Comments

Pra LDKS

image

Gimana menurut kalian?  Haha bendera ko diinjek injek? Rapopo, Itu adalah salah satu proses pendidikan sebelum pra LDKS di SMK Negeri 50. Apa sih makna gambar tersebut? Kegiatan tersebut menguji inisiatif dan reaksi peserta terhadap barang berharga milik mereka. Kayak rasa Nasionalisme gitu… Tapi dengan ruang lingkup lebih kecil.

Posted in Uncategorized | Leave a comment

“Hari Merdeka” di SMK Negeri 50

image

Merdeka! Teriakkan yang menggetarkan jiwa raga saya ketika mendengar rakyat Indonesia meneriakkannya setelah Bung Karno selesai membacakan Proklamasi kemerdekaan. ingin sekali saya kembali ke zaman itu dan berteriak Merdeka 100 kali lipat lebih keras.
Nahh, di zaman kita, yaitu era globalisasi. Kita biasa dengan merayakan hari kemerdekaan dengan upacara di sekolah (bagi pelajar), di kantor, di jalan, bahkan dirumah(liat upacara di TV). Tetapi sayang, banyak yang tidak serius di dalam upacaranya (terutama pelajar). Apalagi hari kemerdekaan kemarin itu di hari Minggu, wahh pasti pada malas bangun tuh.
Sebaliknya, kebanyakan orang yang upacara BUKAN di sekolah justru yang upacaranya serius. Mungkin karena suasana dan kondisi yang baru. Karena di sekolah kita sudah terbiasa dengan upacara di hari Senin sehingga upacara di sekolah bukanah hal yang asing bagi para pelajar. Yah tidak semua memang, tetapi mayoritas para pelajar seperti itu sekarang (jangan tersinggung. Mari kita samasama introspeksi diri)
Di sekolah saya upacara dilakukan secara khidmat (bahasa formalnya) walaupun masih ada sekitar 20% siswa yang kurang menyadari betapa pentingnya menghargai perjuangan para pahlawan-pahlawan yang telah gugur di medan perang melawan penjajah untuk Kemerdekaan Indonesia Hiks 😥
Tapi apalah daya jika upacara tanpa aksi yang nyata. Seharusnya kita bangsa Indonesia melakukan sesuatu hal yang membuat nama Indonesia menjadi harum seperti kasturi. Terutama di hari kemerdekaan. Terutama pemuda-pemudanya. Banyak hal yg bisa kita lakukan. Mulailah dari hal yang paling kecil. Seperti belajar, beribadah tepat waktu, mandi 2 kali sehari, makan duduk, cium tangan ortu jika ingin ke luar rumah, cuci piring dan cuci baju sendiri, dan masih banyak lagi jika ingin disebutkan.
Selain itu hari kemerdekaan bisa dijadikan momen berharga. Bahasa motivatornya batu loncatan. Untuk apa? Ya untuk perubahan kita. Entah itu perilaku, pengetahuan, prestasi, relasi, silaturahmi, religi, visi, misi, apa saja yang menurut kalian penting untuk di upgrade. Tapi menurut saya yang paling penting adalah rasa nasionalisme kita terhadap tanah air. Bahasa kerennya I LOVE INDONESIA.
Oke Temans. Sampai sini dulu postingan saya yang bertemakan hari kemerdekaan. Mungkin sudah sangat terlambat saya mengupdate tema ini. Tapi dalam kamus saya tak ada kata terlambat untuk mulai dan berubah. Hehe!
Postingan selanjutnya masih bertemakan hari kemerdekaan. Tapi kali ini saya akan memberikan hasil wawancara saya bersama Wakil Kesiswaan periode 2013 – 2014 SMK Negeri 50 Jakarta dan tak lain dan tak bukan adalah tempat tinggal saya yang ke-2. Oke seeyouatthehigh!

Posted in Uncategorized | Tagged , , , , , | Leave a comment

Masih bingung? Nih baca.

Ass. Wr. Wb.
Dear tim jurnalis smk 50

Berhubung besok kita akan melaksanakan first action kita. Maka saya ingin mengingatkan beberapa hal:
1. Tim Jurnalis terdiri dari 2 tim, msg-msg tim bisa berbagi tugas utk wawancara dan foto. Fleksibel aja. Fotografer utama utk memotret keseluruhan proses upacara berlangsung sesuai kesepakatan kalian. Karna tdk mungkin semua tim memotret. Maximal fotografer sesuai dgn peralatan yg tersedia besok.

2. Tugas utama kita adalah wawancara narasumber dan reportase event 17 Agustus di smk 50.

3. Senjata yg mesti kalian punya adalah PERTANYAAN. Yang wajibnya adalah tema kemerdekaan.

4. Senjata kalian yg ke 2 adalah MEDIA SOSIAL. Kalian wajib punya akun Twitter, Instagram(bg yg punya gadget), Youtube, dan WordPress.

5. Senjata kalian yg ke-3 adalah NAMETAG. Kita sepakat utk memakai yg kalungan. Format sementara “Nama kalian” dan dibawahnya  “Jurnalis SMKn 50”. Harus print out.

6. Ingat!! Setelah kalian menyelesaikan laporan serta wawancaranya. Naikkan ke wordpress kalian. Lalu mention pa Dedi Dwitagama di Twitter.

7. Target kita menaikkan artikel wordpress minimal 70 tulisan utk mendapatkan “nametag” spesial dr pa Dedi. Jika kalian punya nametag itu mau wawancara dimanapun pasti diterima. Enak kan? Makanya serius 🙂

8. Jangan main-main, jangan bercanda, jangan anggap remeh Jurnalistik. Jika serius, kalian bisa keliling dunia, terkenal, dapet duit. Mau? Makanya serius 🙂

Ini daftar rekomendasi narasumber di smkn 50 :

A. Sektor Stake holder

Kepsek(pa Adib), Waka Kesiswaan (pa Nurhadi), Bu Siti Nur, Pa Iim Ismanto, pa Aco, Bu Herlina, Bu NurAsiah, Bu Endang, Bu Endah, Pa Nana Nopiana, guru ppl(jika ada), pa Toto Sucipto, bu May Murti, dan yg menurut kalian enak utk diajak ngomong.

B. Sektor Siswa

Ketua MPK, Ketua OSIS, Siswa berprestasi (khususnya Hartono XI AP1) sekbid Rohis, Ketua PIKRemaja (ka April XII AK1), Ka Diah Ro’diah, Ka Dewi Lestari (wakil OSIS), dan msh banyak lagi, cari tahu aja.

Terus pertanyaan wajibnya apa nih? Jadi gini, karena tim Jurnalis kita banyak, maka pertanyaannya kudu mesti kreatif nih. Temanya “Kemerdekaan Bangsa Indonesia” coba kalian pikirkan apa kirakira pertanyaan yg cocok utk ditanyakan.

Contoh Pertanyaan :

Apa makna Kemerdekaan bagi ….?

Apa konstribusi yg seharusnya diberikan utk kemerdekaan Indonesia?

Sebagai …. Kontribusi apa yg seharusnya diberikan?

Apa harapan anda kedepannya untuk Indonesia?

Posted in Uncategorized | 3 Comments